skip to main |
skip to sidebar
ATASI FOBIA MATEMATIKA PADA ANAK DENGAN PERMAINAN MATEMATIKA
Matematika menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang. Sakit takutnya, beberapa anak
malah mengalami fobia matematika. Hal ini bisa diatasi lho. Caranya adalah dengan melibatkan anak pada permainan matematika yang menyenangkan.
Berikut ini beberapa permainan yang bisa dicoba untuk mengasah rasa percaya diri anak di bidang matematika sehingga bisa menghilangkan fobianya pada pelajaran hitung-hitungan tersebut, seperti dikutip dari Boldsky
1. Sudoku
Sudoku merupakan salah satu permainan populer dari Jepang yang bisa membantu anak bermain dengan angka. Saat bermain sudoku, anak-anak diminta mengisikan angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak. Permainan ini melatih aktivitas otak dan meningkatkan kemampuan penalaran.
2. Teka-teki geometris
Ini adalah permainan matematika sederhana untuk anak-anak. Berikan aneka bentuk yang berbeda pada anak-anak dan mintalah mereka untuk menggabung-gabungkan potongan-potongan yang ada sehingga terbentuk sebuah gambar. Aktivitas ini menyenangkan dan baik untuk otak anak. Tak hanya itu, teka-teki geometris juga membantu anak Anda dalam meningkatkan keterampilannya menganalisis.
3. Kubus Rubik
Kubus rubik dengan banyak warna itu merupakan permainan matematika sederhana yang efektif bagi anak Anda untuk mengatasi fobia matematika. Permaianan ini meningkatkan kemampuan berpikir dan bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan kalkulasi.
4. Menggandakan Angka
Jika Anda menyebut angka 6, maka anak harus menyebut angka 36. Sebab 36 adalah penggandaan dari 6 (6 X 6 = 36). Nah, dengan permainan penggandaan angka ini, maka matematika akan terasa lebih menyenangkan.
Setipe dengan permainan ini adalah setengah angka. Jadi ketika Anda menyebut angka 100, maka anak harus menyebut 50. Sebab setengah dari 100 adalah 50. Meski sederhana namun permainan ini bisa meningkatkan rasa percaya diri anak.
Permainan lainnya adalah menggabung sekelompok angka. Contohnya jika Anda menyebut angka 5, 6, 7 maka anak harus menyebut 18. Sebab 5 + 6 + 7 adalah 18.
Sumber : detik.com
Pages
Kamis, 06 November 2014
ATASI FOBIA MATEMATIKA ?
ATASI FOBIA MATEMATIKA PADA ANAK DENGAN PERMAINAN MATEMATIKA
Matematika menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa orang. Sakit takutnya, beberapa anak
malah mengalami fobia matematika. Hal ini bisa diatasi lho. Caranya adalah dengan melibatkan anak pada permainan matematika yang menyenangkan.
Berikut ini beberapa permainan yang bisa dicoba untuk mengasah rasa percaya diri anak di bidang matematika sehingga bisa menghilangkan fobianya pada pelajaran hitung-hitungan tersebut, seperti dikutip dari Boldsky
1. Sudoku
Sudoku merupakan salah satu permainan populer dari Jepang yang bisa membantu anak bermain dengan angka. Saat bermain sudoku, anak-anak diminta mengisikan angka-angka dari 1 sampai 9 ke dalam jaring-jaring 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak. Permainan ini melatih aktivitas otak dan meningkatkan kemampuan penalaran.
2. Teka-teki geometris
Ini adalah permainan matematika sederhana untuk anak-anak. Berikan aneka bentuk yang berbeda pada anak-anak dan mintalah mereka untuk menggabung-gabungkan potongan-potongan yang ada sehingga terbentuk sebuah gambar. Aktivitas ini menyenangkan dan baik untuk otak anak. Tak hanya itu, teka-teki geometris juga membantu anak Anda dalam meningkatkan keterampilannya menganalisis.
3. Kubus Rubik
Kubus rubik dengan banyak warna itu merupakan permainan matematika sederhana yang efektif bagi anak Anda untuk mengatasi fobia matematika. Permaianan ini meningkatkan kemampuan berpikir dan bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan kalkulasi.
4. Menggandakan Angka
Jika Anda menyebut angka 6, maka anak harus menyebut angka 36. Sebab 36 adalah penggandaan dari 6 (6 X 6 = 36). Nah, dengan permainan penggandaan angka ini, maka matematika akan terasa lebih menyenangkan.
Setipe dengan permainan ini adalah setengah angka. Jadi ketika Anda menyebut angka 100, maka anak harus menyebut 50. Sebab setengah dari 100 adalah 50. Meski sederhana namun permainan ini bisa meningkatkan rasa percaya diri anak.
Permainan lainnya adalah menggabung sekelompok angka. Contohnya jika Anda menyebut angka 5, 6, 7 maka anak harus menyebut 18. Sebab 5 + 6 + 7 adalah 18.
Sumber : detik.com
Blog Archive
-
▼
2014
(32)
-
▼
November
(19)
- film siaga bencana gunung meletus
- belajar macromedia flash professional 8
- CARA MUDAH MENYELESAIKAN SOAL LIMIT
- FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS ALJABAR
- PENGOLAHAN ANGKA
- BELAJAR KERUCUT DENGAN GEOGEBRA
- logika matematika
- TENTANG MATEMATIKA
- KIAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS
- KIAT BELAJAR MATEMATIKA DI RUMAH
- SEGITIGA AJAIB
- MATEMATIKA SEBAGAI PEMBANGUN HIDUP
- KUBUS
- TURUNAN FUNGSI
- BOLA
- BARISAN DAN DERET
- LINGKARAN
- ATASI FOBIA MATEMATIKA ?
- Kalkulator Matematika Terbaik
-
▼
November
(19)
Diberdayakan oleh Blogger.
Popular Posts
-
Belajar Irisan Kerucut Menggunakan Aplikasi GeoGebra
-
Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers, Aljabar, Contoh Soal, Sifat, Pengertian Relasi, Injektif, Surjektif, Pembahasan, Penyelesaian, Cara ...
-
Mari kita perhatikan sejenak, mengapa bilangan seperti 2, 4, 6, 8, dan seterusnya bisa dikatakan sebagai bilangan genap?; sedangkan bil...
-
http://matematikakubisa.blogspot.com/2014/04/cara-mudah-menyelesaikan-soal-limit.html Ada Cara yang Cepat Menyelesaiakan Soal Limit Fungs...
-
Segitiga Ajaib Segitiga ajaib adalah suatu susunan dari bilangan-bilangan berbentuk segitiga, dimana jumlah bilangan pada setiap sisinya...
-
TURUNAN FUNGSI Definisi Turunan Fungsi Turunan fungsi f (x) , dinotasikan dengan f’(x) didefinisikan sebagai Jika limit ini ada. ...
-
Apa itu Matriks? Pengertian matriks adalah kumpulan bilangan (atau unsur) yang disusun menurut baris dan kolom tertentu. Bilangan-bilan...
-
6 KIAT SUKSES BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS Mengikuti setiap pelajaran matematika di kelas hukumnya wajib bagi setiap pelajar, jika tidak i...
-
Cara Membuat Film Animasi 2D dengan Macromedia Flash Langkah-langkah Membuat Film Animasi 2 dimensi dengan Macromedia Flash 1. Memb...
-
KEISTIMEWAAN angka 1 sampai 10 Setiap bangsa, negara dan daerah pasti memiliki penyebutan sendiri untuk angka-angka dari satu, dua sam...
RATA -RATA HITUNG
-
▼
2014
(32)
-
▼
November
(19)
- film siaga bencana gunung meletus
- belajar macromedia flash professional 8
- CARA MUDAH MENYELESAIKAN SOAL LIMIT
- FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS ALJABAR
- PENGOLAHAN ANGKA
- BELAJAR KERUCUT DENGAN GEOGEBRA
- logika matematika
- TENTANG MATEMATIKA
- KIAT BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS
- KIAT BELAJAR MATEMATIKA DI RUMAH
- SEGITIGA AJAIB
- MATEMATIKA SEBAGAI PEMBANGUN HIDUP
- KUBUS
- TURUNAN FUNGSI
- BOLA
- BARISAN DAN DERET
- LINGKARAN
- ATASI FOBIA MATEMATIKA ?
- Kalkulator Matematika Terbaik
-
▼
November
(19)
0 komentar:
Posting Komentar